Home / Artikel sosial kehidupan / Hari meugang di kota Lhokseumawe

Hari meugang di kota Lhokseumawe

Meugang merupakan tradisi yang ada di Aceh yang biasanya dilakukan untuk menyambut hari-hari besar dalam islam seperti Bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha. Tidak seperti hari biasanya, saat meugang seperti sebuah kewajiban setiap rumah di Aceh untuk menyediakan makanan dari lembu/sapi yang diolah sedemikian rupa menyambut hari-hari besar tersebut.

Tidak dapat dihindari, tradisi meugang ini juga ikut melambung tinggi harga sapi dari harga normal, dari yang biasanya perkilogram sapi hanya dijual dengan harga Rp. 90.000 hingga Rp. 100.000 namun saat meugang tidak dapat dihindari bahwa perkilogram sapi sampai dibendrol hingga Rp. 150.00o.

Namun tetap saja, yang namanya tradisi meugang harga tersebut dianggap normal karena tidak ramadhan namanya jika tidak makan daging! 😀

Nah dibawah ini merupakan beberapa foto yang saya jepret disalah satu Kota di Aceh yaitu Kota Lhokseumawe yang masih memegang erat tradisi makan daging sapi ini. Foto dibawah ini saya foto menggunakan Nikon D90 yang saya beli beberapa waktu yang lalu untuk merekam momen-momen seperti sekarang ini adalah Meugang day.

Meugang Day
Meugang Day
seorang pria sedang mengikat daging lembu
seorang pria sedang mengikat daging lembu
Anak penjual daging
Anak penjual daging
Potong daging lembu
Koeh Sie Lumo “Potong daging lembu”
Sikakek juga andil dalam mencincang daging
Sikakek juga andil dalam mencincang daging
Penual daging meugang
Penual daging meugang
Kepala lembu yang telah disembelih secara agama
Kepala lembu yang telah disembelih secara agama

Mengikuti tradisi ini seperti kewajiban disetiap rumah di Aceh, walaupun dari keluarga kurang mampu, untuk sedikit daging pastilah akan terbeli dan tentu saja bagi menantu juga berkewajiban untuk membeli sedikit daging lembu untuk mertua, sesama tetangga untuk mencoba hasil masakan.

Tentu tradisi ini akan menumbuhkan rasa tenggang rasa antar sesama dan menjaga silarurrahmi antar umat dan menjadikan Aceh menjadi kota percontohan yang akan terus berjaya dan gemilang.

Punya Android hanya untuk chatting ? yuk cari uang juga lewat Android dengan cara mudah dan telah terbukti, lihat tutorialnya pada postingan cara mendapatkan uang dengan Android

Cari juga artikel kami dari:

  • makalah tentang meugang
  • budaya potong lembu di aceh loksemawe
  • hari meugang
  • hari megang di lhosemawe
  • hari megang di aceh
  • foto momen lhokseumawe
  • foto megang di aceh
  • Foto lembu di potong di hari megang di aceh
  • tradisi meugang di aceh
  • foto hari megang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*